Meine Think

Only a dead fish who go with the flow

Feminis dan Tekhnologi

3 Comments

Group photo of Workshop on Using ICT and Social Media Tools for Advocacy

Sejak hari Senin yang lalu (5 Des 2011) aku mengikuti sebuah workshop tetang  penggunaan Informasi Tekhnologi dan Sosial Media untuk mendukung advokasi dan kampanye-kampanye yang dilakukan.  Kegiatan ini di ikuti oleh 24 orang feminis – feminis muda  dari 4 negara di Asia Tenggara yakni Malaysia, Cambodia, Filipina, dan Indonesia dimana JASS-SEA berada.  Kegiatan ini berpusat di Hotel Puri Artha, Jogyakarta dan akan berakhir pada tanggal 11 Des 2011.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk peningkatan kapasitas feminis muda dalam kemampuannya menggunakan tools of Social Networking seperti Blooging, Micro-Blogging, Video dan Photo untuk mengoptimalkan langkah-langkah advokasi yang di lakukan feminis muda ini.

Hari pertama wokrshop ini di mulai dengan pembukaan dan perkenalan JASS-SEA, dilanjutakan dengan materi tentang membangun pemahaman tentang Feminis dan Teknologi, apa itu Social Networking Tools ?, dan bagaimana strategy dalam melakukan advokasi atau kampanye-kampanye kegiatan dengan menggunakan social media tools. 

Kerangka pikir Feminis dan teknologi

Selain membangun pemahaman akan feminis dan teknologi, peserta juga di perkenalkan pada alat-alat sosial media yang selama ini sudah bersentuhan dengan kehidupan masing-masing peserta.  Melalui sesi ini kita pemahaman peserta lebih terbuka lagi akan berbagai jenis/type social media tools.

Social Networking Tools

Hari kedua dan ketiga, peserta menerima materi tentang bagaimana menggunakan, membuat dan mengembangkan social media tools baik yang sudah di miliki atau pun belum oleh masing-masing peserta.  Hal ini di mulai dengan bagaimana menyeleksi tools tersebut yang dapat mendukung advokasi atau kegiatan kampanye peserta. Dilanjutkan dengan mempraktekkan sendiri membuat blog, micro-blog dan bagaimana mengkoneksikan satu sama lain tools tersebut dalam mendukung kampanye atau advokasi yang akan dilakukan.

Hari Keempat, materi dilanjutkan dengan menyusun rencana-rencana tindak lanjut peserta setelah mengikuti kegiatan ini.  Fasilitator kemudian mengelompokkan peserta berdasarkan asal negara mereka masing-masing, dan memberikan waktu untuk mediskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tersebut di kelas.

RTL JASS Filipina

Rencana tindak lanjut peserta Indonesia yakni dengan membuat webblog tersendiri untuk komunitas JASS-Indonesia yang akan menjadi wadah share informasi alumnus JASS-Indo, advokasi dan kampanye-kampanye kegiatan JASS-Indo.  Selain itu, peserta Indonesia yang telah mengikuti kegiatan ini akan membagi pengalaman mereka baik di organisasi sendiri maupun pada komunitas JASS-Indonesia sendiri.

Secara pribadi, saya tertarik untuk membagi pengetahuan ini kepada siapa pun yang ingin mengetahuinya. Jadi bagi kalian yang berminat untuk itu silahkan menghubungi saya.  :-)

Anyway, I would say thankful for the chance that I got into include on this workshop.  I learnt so much about social media tools, knew new friends and gained lots information’s of what they do, the culture’s and the language’s.  

By reading we got 25% of knowledge, when you see and hear you just got 40% of it, by practicing we got 75% and by teaching others you got 100% of knowledge  (Cheekay, 08 Des 2011).

3 thoughts on “Feminis dan Tekhnologi

  1. like this sis….
    ICT is important for women…….

  2. like,,, it. share yach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s