Meine Think

Only a dead fish who go with the flow

Selamat Natal~Merry Christmas 2011

6 Comments

Christmas Tree at my rent House

Saya, sebagai muslim dan atas nama umat Islam Indonesia, mengucapkan SELAMAT NATAL kepada kawan2 Protestan dan Katholik. Saya berani dengan lantang mengatasnamakan umat Islam, karena Islam sama sekali tidak melarang umatnya mengucapkan selamat natal kepada umat Kristiani. Kalau ada yang bilang ucapan semacam itu haram, maka ketahuilah bahwa mereka itu, meminjam istilah Iwan Fals, “mungkin sedang goblok.” ___ AKMAL SAHAL

Saya sempat tertawa ketika membaca status tersebut di FB yang secara sadar di share oleh teman saya pada salah satu group yang saya ikuti. Saya bahkan tak berteman apalagi kenal dengan yang punya status tersebut.  Apa yang membuat saya tertawa? Adakah hal lucu di dalamnya? kenapa saya harus tertawa ketika membaca status tersebut?

Setelah selesai menertawakan status tersebut saya sempat terdiam sejenak, dan mengingat-ingat kembali ke waktu yang lalu. Semasa kuliah saya sempat mengikuti sebuah pertemuan yang digagas oleh teman-teman yang aktif di mushalla kampus. Pernah satu kali pertemuan itu membahas tentang hubungan antara Muslim dan Non-Muslim di kehidupan sehari-hari termasuk dengan memberikan ucapan selamat Natal kepada mereka yang Nasrani pada akhir Desember setiap tahunnya.  Dalam pertemuan itu di sampaikan bahwa Muslim tidak boleh atau “Haram” hukum nya mengucapkan selamat natal kepada kaum Nasrani. Ketika pertemuan usai, aku diam, namun bertanya-tanya dalam hati; apa iya seperti itu? emang hadist nya syahigh? jika memang begitu berarti yang selama ini saya lakukan adalah salah atau “haram”?? hmm… Sejak saat itu saya mencoba untuk tak mengucapkan “Selamat Natal” kepada teman-teman ku yang Non-Muslim.  Hampir dua tahun lamanya.

Sejujurnya saya merasa tidak nyaman dan merasa ada yang janggal disni atau kurang tepat.  Seiring waktu saya mencaritahu dengan mencoba berdiskusi, browsing dan membaca buku-buku agama yang pastinya dapat memberi gambaran tentang hubungan beragama antara umat manusia ini. Lalu, saya tersadar dan teringat ketika dulu mengikuti kelas pendidikan Agama Islam di SD, kami diajarkan tentang sifat-sifat Nabi SAW dan bagaimana beliau memperlakukan umat manusia yang berbeda dengan dia.  Teringat sebuah sabda Nabi SAW  tentang hubungan silaturahim umat manusia, yang berbunyi : “HabbluminALLAH, Habbluminannas” yang artinya peliharalah hubungan mu dengan ALLAH SWT (sang Pencipta) dan Hubungan mu sesama umat manusia.  Secara tersirat sabda ini mengingatkan kita untuk memelihara tali silaturahim baik sesama umat muslim maupun non-muslim atau kepada seluruh umat manusia di jagat raya ini.  Alhamdulillah… setelah itu saya jadi mengerti dan sadar dari doktrin sesat yang pernah di terima semasa kuliah.

Menurutku, tak ada salahnya kita mengucapkan selamat apa saja kepada mereka yang sedang merayakannya baik itu kepada teman se-Iman maupun tidak. Toh, kita tidak langsung berpindah keyakinan kan ? ketika mengucapkan atau memberikan selamat kepada mereka yang tidak seiman.  Pertanyaannya kemudian adalah apakah semudah itu keyakinan sesorang berpindah ketika kita hanya memberikan ucapan “Selamat Natal” misalnya? Aahh, mungkin kita ini lagi “goblok” seperti kata Iwan Fals diatas.   Dan harus di akui, saya pernah “Goblok”… !

Terimakasih ya Allah kau beri aku pengetahuan dan akal ini untuk belajar dan belajar dan mensyukuri ciptaanMu dan berkahMu.

Bagi teman-teman atau pembaca sekalian yang merayakan Natal, saya ucapkan “Selamat Natal, Semoga damai natal memberi berkah yang mengintari bumi, Negara, kita dan keluarga masing-masing.”

6 thoughts on “Selamat Natal~Merry Christmas 2011

  1. dear midha…
    boleh tidak nih..tulisanmu kushare kekalayak umum???

    keren loh buat kesadaran public.

    makasih
    Negara ini butuh kayak kamu lebih banyak lagi untuk benar-benar menjadi negara yang bersolidaritas sejati.

  2. Yup with pleasure.. silahkan say !😉

  3. Subhannallah,keren bgt antara filosofi n keyakinanmu antara hubungan umat muslim n non muslim smoga bs menyadarkan qt smua bhw dmuka bumi in bkn cuma qt yg hdp ddunia sperti Agama qt Islam tetapi msh bnyk jg org ddunia yg memeluk agama lain sperti kristen dll
    Jd buat kalian para pemuka2 Agama tlng qt sbagai umat yg beragama agar saling menghargai antara umat beragama yg lain krna negara qt adlah negara kesatuan Republik Indonesia bkn suatu kesatuan yg mempunyai hukum sendiri2 dlm menentukan sikap n prilaku qt kpd org lain…tdk ad 1 ayat pun yg mlarang qt memberi ucapan kpd umat agama yg lain krna Islam bkn ajaran komunis sperti yg sdh di Sabdakan oleh Baginda qt Nabi Muhammad SAW.
    Islam it agama yg relevan yg mengajarkan hrs saling menghargai antara umat manusia bhkan kpd Hewan sx pun qt hrs menghargai serta melindungi🙂
    Smoga qt sadar akn hal in.
    Assalamualaikum wr wb.
    Gubernur Ikatan Paranormal Nusantara
    @KiPranaLewu
    Salam Mulia.

  4. woaahhh , akuu kristiani😀
    jadi terharuuu😥
    makasih yaa🙂
    semoga di Indonesia sesama umat beragama saling menghargai dan mengasihi . amiin o:)
    Tuhan memberkati🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s