Meine Think

Only a dead fish who go with the flow

Book’s #1 : Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur !

1 Comment

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu aku mendengar kepopuleran kisah dalam buku ini.  Waktu itu aku masih semester 4 di bangku kuliah,  namun belum sempat ku baca dan ku cerna saja isi dalamnya saat itu.  Kebetulan aku juga masih sibuk dengan urusan cari mencari judul untuk skripsi.

Akhir tahun 2011 lalu buku ini menemani dan mengisi waktu liburanku.   Mencoba mengisi waktu liburan dengan membaca buku juga menarik dan sangat santai.  Buku ini merupakan sebuah karya fiksi yang bahan baku penulisannya diambil dari kisah nyata dan wawancara mendalam beberapa minggu.  Sejak di terbitkannya pada tahun 2003 lalu, buku ini telah menuai berbagai pro dan kontra dari berbagai kalangan.  Bahkan ada seorang da’i agama yang terpelajar dan terkemuka menyebut sebagai buku ini sampah yang tak layak di baca.

Sekilas kisah dalam buku ini memang menggambarkan  perjuangan salah satu golongan yang ada di sekitar kita dan mencoreng nilai-nilai perjuangan yang mereka emban.  Menurutku, buku ini bukan sesuatu hal yang patut di pertentangkan atau di mintai persetujuan untuk layak di terbitkan atau tidak, dan layak dibaca atau tidak, sampah atau bukan!.  Buku ini menurutku sebuah pengungkapan nyata atas kekecewaan seseorang terhadap apa yang diyakini nya dengan cara yang berlebihan dan tanpa sadar akan kemampuan diri dan godaan atau ujian yang akan dihadapi.  Kekecewaan itu merampas nalar kritis sekaligus imannya.  Tokoh dalam buku ini di gambarkan sebagai seorang yang cerdas, kiritis, dan taat beragama dimana beribadah tidak putus-putus dan sangat mendambakan sebuah Negara Islam.  Hingga pada suatu waktu Ia berputus asa atas kenyataan yang di temukan dalam kesehariannya berorganisasi dan menjalani kehidupan sehari-hari yang kemudian memupus mimpi dan mengkikis imannya secara perlahan-lahan.

Ada penggalan paragraf dalam buku ini yang juga mengulik pikir kritis kita terhadap suatu hal yang mungkin kita sendiri sukar atau bahkan sangat mudah untuk memaknainya yakni kata “Cinta” !.   (hahaha… aku saja rada-rada malas atau ogah memberi makna atas kata ini… hanya istilahku saja ” Cinta itu = Cindolo Na’ Tape .. yang berarti segelas es cendol dan tape*.. Hahaha yummy.. maaf sedikit ngawur neh..).

__Cinta adalah abstraksi dari rasa ketertarikan, keterkaguman, keterpesonaan sekaligus penasaran yang menuntut untuk dituntaskan.  Penuntasan rasa ini akan dapat dilakukan melalui seks sampai penyatuan yang paling sempurna.  Seks adalah titik orgasme yang tertinggi antara dua manusia.  Seks, gairah, dan keterpesonaan itu lama-lama akan menjadi suatu fenomena dan seperti sebuah grafik yang mendatar lalu memuncak dan kembali mendatar.  Itulah Cinta.  Seks itu puncak cinta___ (kutipan pada hal 194 buku ini)  

Begitulah kira-kira pemakanaan kata Cinta yang tersurat dalam buku ini yang merupakan pemakanaan tokohnya.  Tentu saja setiap insan berbeda-beda dalam pemakanaan kata ini.  Silahkan berelaborasi sendiri untuk memaknainya !.

Banyak hal pula yang dapat di ambil hikmah, pesan dan makna yang tersirat dalam kisah di buku ini yang ingin disampaikan penulis nya kepada masyarakat pembaca.  Menurutku penulis tidak berkeinginan atau berniat untuk meracuni pemikiran orang lain atau bahkan merusak aqidah orang lain dan bukan pula untuk menjelek-jelekan satu golongan tertentu.  Bagi mereka yang belum menerima keberadaan buku ini, “mungkin sedang Goblok” seperti sebuah lirik lagu Iwan Fals.   Buku ini kurekomendasikan bagi kalian untuk menambah khazanah berfikir dan referensi ilmu.

Judul:  Tuhan, Izinkan aku menjadi pelacur ! (Memoar luka Seorang Muslimah)

Penulis:  Muhidin M Dahlan

Penerbit:  ScriPta Manent, Jogjakarta

Cetakan 1:  2003

Cetakan 2:  2010

Happy Reading !🙂

One thought on “Book’s #1 : Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur !

  1. buku yang bisa membuat kita makin berpikir ‘liar’..
    jadi baik bagi anda yang pikirannya masih terkungkung.

    aku dah baca ini beberapa tahun yang lalu. bukunya dipinjam temanku dan belum dikembalikan *jadi inget nih*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s